Kamis, 30 Agustus 2012

Mengenal Sensor Fotodioda


Pada postingan kali saya akan mencoba berbagi ilmu sedikit mengenai komponen elektronika dan semoga bermanfaat. Karena komponen elektronika ini sering digunakan dalam kehidupan sehari – hari yaitu foto dioda.

Photodiode adalah salah satu jenis sensor peka cahaya (photodetector). Photodiode akan mengalirkan arus listrik yang membentuk fungsi linier terhadap intensitas cahaya yang diterima. Arus ini umumnya teratur terhadap power density (Dp). Perbandingan antara arus keluaran dengan power density disebut sebagai current responsitivity. Arus yang dimaksud adalah arus bocor ketika photodiode tersebut disinari.
Hubungan antara keluaran sensor photodiode dengan intensitas cahaya yang diterimanya ketika dipancar mundur adalah membentuk suatu fungsi yang linier. Hubungan antara keluaran sensor photodiode dengan intensitas cahaya ditunjukkan pada Gambar dibawah.


Gambar: Hubungan Keluaran Photodiode Dengan Intensitas Cahaya


Cahaya yang dapat dideteksi oleh fotodioda ini mulai dari cahaya infra merah, cahaya tampak, ultra violet sampai dengan sinar-X.


Gambar : Lambang fotodioda




Gambar : Bentuk Fisik Fotodioda

Semoga postingan ini dapat menambah pengetahuan anda mengenai komponen elektronika khususnya sensor cahaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar kawan - kawan, baik berupa pertanyaan ataupun saran yang sifatnya membangun. komentar kawan - kawan sangat berharga untuk kemajuan blog ini. kalau bisa mohon hindari penggunaan Anonim. Semoga bermanfaat untuk kita semua...
Terimakasih....